Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD

Albertus Hartana, Brigita Vio Dwi Anjani

Abstract


Abstract : This research has a purpose to develop of android-based learning media about the human digestive system to improve motivation and learning outcomes of fifth-grade elementary students; know the quality of android-based learning media about the human digestive system to improve motivation and learning outcomes of fifth-grade elementary students, and know the effectiveness of android-based learning media about the human digestive system to improve motivation and learning outcomes of fifth-grade elementary students. This research is a Research and Development (R&D) type with the development model of ADDIE. The result of this research shows five steps in making the android-based learning media about the human digestive system 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation and 5) Evaluation. The quality of android-based learning media about a human digestive system based on the evaluation from 1) the expert of the subject gained an average score of 3,94 which is included in a Very Good category, 2) media expert gained an average score of 3,96 which is included in the Very Good category. Therefore, this android-based learning media about the human digestive system is proper to be used as the learning media. Based on the analysis of the improvement of study motivation using t-test, it was obtained sig (2-tailed)  0,035<0,05. Based on the analysis of the improvement of the learning outcomes using t-test, it was obtained sig (2-tailed)  0,022<0,05. In conclusion, the android-based learning media about the human digestive system is effective to improve the motivation and the learning outcomes of fifth-grade elementary students.Abstrak

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan media pembelajaran berbasis android materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V SD; mengetahui kualitas media pembelajaran berbasis android materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V SD; dan mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis android materi sistem pencernaan manusia dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap dalam pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android: 1) Analysis, 2) Design 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Tingkat kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Android berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rerata skor 3,94 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik, 2) Ahli Media diperoleh rerata skor 3,96 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik. Dengan demikian, Media Pembelajaran Berbasis Android ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan analisis peningkatan motivasi belajar dengan uji-t diperoleh Sig. (2-tailed) 0,035<0,05. Berdasarkan analisis peningkatan hasil belajar dengan uji-t diperoleh Sig. (2-tailed) 0,022<0,05. Dengan demikian, Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Sistem Pencernaan Manusia efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V SD.


Keywords


media pembelajaran berbasis android; sistem pencernaan manusia; motivasi belajar; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Agus, S. (2012). Metode dan model-model mengajar. Bandung: Alfabeta.

Alfaris, R. & Suryanti. (2018). Pengembangan media game edukatif astrodent berbasis aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem tata surya kelas VI SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(8), 1298-1307. Diakses tanggal 2 Maret 2021 dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24112

Aprelliyanto, Y. (2019). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis android materi gaya dan gerak kelas IV SD N Kembangarum 02 Semarang. Universitas Negeri Semarang, Sarjana Pendidikan. Diakses tanggal 2 Maret 2021 dari https://lib.unnes.ac.id/34747/1/1401415389_Optimized.pdf

Aripin, I. (2018). Konsep dan aplikasi mobile learning dalam pembelajaran biologi. Jurnal Bio Educatio, 3(1), 1-9. Diakses tanggal 2 Maret 2021 dari https://media.neliti.com/media/publications/279501-konsep-dan-aplikasi-mobile-learning-dala-e91aa6f2.pdf

Dewi, N., dkk. (2018). Rancang bangun aplikasi mobile SISKA berbasis Android. Sintech Journal Vo. 1 No. 2, hlm. 100-107. Diakses tanggal 16 Januari 2021 dari https://docplayer.info/109218157-Rancang-bangun-aplikasi-mobile-siska-berbasis-android.html

Djamarah, S. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196. Diakses tanggal 16 Januari 2021 dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838/2064

Endriani, Ani. (2016). Hubungan perhatian orang tua dengan motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombok Tengah tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Realita, 1(2), 104-116. Diakses tanggal 16 Januari 2021 dari https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita/article/view/708

Hamdi, G. & Krisnawati. (2011). Membangun aplikasi berbasis Android “pembelajaran psikotes” menggunakan app iventor. Jurnal Dasi, 12(4), 37-41. Diakses tanggal 16 Januari 2021 dari https://media.neliti.com/media/publications/177613-ID-membangun-aplikasi-berbasis-Android-pemb.pdf

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.

Husamah. (2014). Pembelajaran bauran (blended learning). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Istiawan, N. & Kusdianto, H. (2018). Pengaruh bahan ajar myologi berbasis Android untuk meningkatkan hasil belajar mahapeserta didik PJKR pada mata kuliah anatomi. Jurnal Pendidikan, Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, 2(1), 13-19. Diakses tanggal 16 Januari 2021 dari http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/jpjok/article/view/174

Jamun, Yohannes Marryono. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 1-136. Diakses tanggal 3 Maret 2021 dari http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54/40

Jennah, R. (2009). Media pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Khosiyah, M. & Gunawan. (2019). Pengembangan media belajar berbasis android pada materi tata surya untuk siswa Sekolah Dasar. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 1(2), 168-177. Diakses tanggal 21 Januari 2021 dari http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/pgsd

Kusniyati, H. & Sitanggang, N. (2016). Aplikasi edukasi budaya Toba Samosir berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 9-18. Diakses tanggal 21 Januari 2021 dari https://media.neliti.com/media/publications/133130-ID-aplikasi-edukasi-budaya-toba-samosir-ber.pdf

Kustandi, C. & Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran; manual dan digital, cet. 1 ed. 2. Bogor: Ghalia Indonesia.

Listyorini, T. & Widodo, A. (2013). Perancangan mobile learning mata kuliah sistem operasi berbasis android. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 3(1), 25-30. Diakses tanggal 12 April 2021 dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/85/720#

Muhammad, M. (2016). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97. . Diakses tanggal 21 Januari 2021 dari https://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf

Musahrain, dkk. (2017). Pengaplikasian mobile learning sebagai media dalam pembelajaran. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, 125-131. Diakses tanggal 12 April 2021 dari https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/10434/7623

Nasution, N. (2008). Teknologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1),24-44. Diakses tanggal 22 Januari 2021 dari https://www.neliti.com/publications/104343/pendidikan-dalam-upaya-memajukan-teknologi

Prasetyo, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android untuk Siswa SD/MI. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 1(1), 121-140. Diakses tanggal 5 April 2021 dari https://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/article/view/29/9

Pratama, F., dkk. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar Negeri 01. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280-286. Diakses tanggal 26 Februari 2021 dari https://www.researchgate.net/publication/342495426_PENGARUH_MOTIVASI_BELAJAR_SISWA_TERHADAP_HASIL_BELAJAR_IPA_DI_SEKOLAH_DASAR/fulltext/5ef747fc92851c52d6007676/PENGARUH-MOTIVASI-BELAJAR-SISWA-TERHADAP-HASIL-BELAJAR-IPA-DI-SEKOLAH-DASAR.pdf

Purwanto. (2012). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sanaky, H. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Saputro, Budiyono. (2017). Manajemen penelitian pengembangan (research & development)bagi penyusun tesis dan disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui video pada pembelajaran PKN di sekolah paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187-200. Diakses tanggal 12 April 2021 dari https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/318

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahapeserta didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. Diakses tanggal 29 Februari 2021 dari http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113

Tafqihan, Z. (2011). Karakteristik dan Pemilihan Media Pembelajaran dalam E-Learning. Cendekia, 9(2). Diakses tanggal 28 Februari 2021 dari http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/871/682

Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Wahono, Romi Satria. (2006). Aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran. Diakses tanggal 12 April 2021 dari http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspekdan-kriteria-penilaian-media-pembelajaran

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran, landasan dan aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wasliman, I. (2007). Problematika pendidikan dasar. (Modul). Bandung: SPs-UPI

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Assessment of learning outcomes in school. Yogyakarta: Student Library.

Winarni, E. (2018). Teori dan praktik penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.47213/bp.v5i2.132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Albertus Hartana, Brigita Vio Dwi Anjani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik BP


Belantika Pendidikan

Jendela Pendidikan Indonesia

Kayon Media

Lisensi Creative Commons

Belantika Pendidikan is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License