Pengembangan Sistem Kuis Algoritma Pemrograman Berbasis Web

Novian Dwi syahrizal Hilmi, Harits Ar Rosyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem kuis algoritma pemrograman berbasis web dan mengetahui validitas sistem kuis algoritma pemrograman berbasis web. Berdasarkan hasil pengamatan pada mahasiswa, ditemukan fakta yang menunjukkan per­masalahan pada pemahaman untuk menyelesaikan permasalahan dalam pe­mrograman komputer. Informasi didapatkan dengan menye­barkan kuesi­oner pada mahasiswa. Dari informasi tersebut, didapatkan data bahwa al­go­ritma merupakan materi pada pemrograman yang paling pen­ting. Hasil penelitian menunjukkan, penilaian kelayakan sistem kuis algoritma pemro­graman oleh ahli media mendapatkan perolehan data sebesar 85,71% pada aspek penggunaan, 85% pada aspek desain, dan 85% pada aspek fungsi. Dengan rata-rata perolehan data sebesar 85,29%. Dari hasil penelitian ter­sebut maka dapat disimpulkan bahwa sistem kuis algoritma pemrograman yang telah dikembangkan sudah layak digunakan dengan revisi kecil.

Keywords


Kuis, Algoritma pemrograman, Flowchart

Full Text:

PDF

References


Isroqmi, A. (2017). Kemampuan Mahasiswa Memahami Logika Pemrograman Komputer Melalui Algoritma. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 59–74.

Nasution, S. D. (2013). Perancangan aplikasi kompresi file teks dengan menerapkan Algoritma Goldbach Codes. J. Ilm. INFOTEK, 1(1), 104–109.

Nuraini, R. (2015). Desain algorithma operasi perkalian matriks menggunakan metode flowchart. Jurnal Teknik Komputer, 1(1), 144–151.

Patmanthara, S. (2016). P. B. K. T. dan K. (2016). Pembelajaran berbantuan komputer. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan Dan Pengajarannya, 1(1), 13–21.

Purnomo, B. H. (2011). Metode dan teknik pengumpulan data dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroomaction Research). Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(1), 210251.

Santoso, S., & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan pengembangan aplikasi absensi mahasiswa menggunakan Smart Card guna pengembangan kampus cerdas. Jurnal Integrasi, 9(1), 84–91.

Sembiring, M. A., Sibuea, M. F. L., & Sapta, A. (2018). Analisa kinerja Algoritma C. 45 dalam memprediksi hasil belajar. Journal Of Science and Social Research, 1(1), 73–79.

Sismoro, H. (2005). Pengantar logika informatika. Algoritma dan pemrograman komputer. Penerbit Andi.

Sitorus, L. (2015). Algoritma dan pemrograman. Penerbit Andi.

Sukarsa, I. M. (2019). Aplikasi konversi flowchart ke kode program bahasa pemrograman Pl/Sql Mysql. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 8(2).

Trianto, T. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Kencana Prenada Group.

Ula, S. S. (2013). Revolusi belajar: Optimalisasi kecerdasan melalui pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wijayanti, S., & Sungkono, J. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran mengacu Model Creative Problem Solving berbasis somatic, auditory, visualization, intellectually. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 101–110.




DOI: https://doi.org/10.47213/bp.v3i2.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik BP


Belantika Pendidikan

Jendela Pendidikan Indonesia

Kayon Media

Lisensi Creative Commons

Belantika Pendidikan is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License