Transfer Teknologi Pembuatan Curriculum Vitae Dan Poster Untuk Siswa Pondok Pesantren Al-Munawwaroh

Aji Prasetya Wibawa, Muhammad Ashar, Syaad Patmanthara

Abstract


Pengunaan teknologi dalam dunia digital yang sudah semakin canggih, mengakibatkan banyaknya software yang semakin mempermudah masyarakat untuk mengembangkan kinerja dan kreativitas. Pada perkembangan era modern ini semakin dibutuhkan keahlian dan keterampilan untuk mengelola suatu software tertentu. Untuk saat ini, profesi desain juga semakin digemari dan dibutuhkan oleh perusahaan. Sehingga memungkinkan untuk kita menguasai suatu software tertentu dalam mendesain. Untuk mengembangkan kinerja dan kreativitas melalui desain dengan memberikan pelatihan desain kreatif menggunakan Figma dan diaplikasikan dengan pembuatan CV atau bentuk lainnya. Figma adalah salah satu penyedia software desain online yang tersedia di jejaring internet sehingga memudahkan seluruh pengguna untuk mengaplikasikan desain tanpa mengunduh software terlebih dahulu. Pemberian pelatihan ini diharapkan membantu siswa untuk mengembangkan kreativitas dan menambah pengetahuan tentang desain melalui figma.

Keywords


Teknologi, Kreativitas, Curriculum Vitae

Full Text:

PDF

References


Gallagher, J. C., & Wodlinger Jackson, A. M. (2010). How to write a curriculum vitae. American Journal of Health-System Pharmacy, 67(6), 446–447.

Hutahaean, E. S. H. (2009). Sistem Informasi Psikologi Industri: Menyeleksi Aplikasi Resume Pekerjaan Dengan Cara Yang Tepat Dan Objektif. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur &Sipil), 3.

Irfan, I. (2015). Perpaduan Elemen-Elemen Desain Pada Karya Desain Poster Mahasiswa (Studi Kasus pada Tugas Poster Mata Kuliah Penulisan Naskah Iklan Dkv Fsd Unm Angkatan 2011). Tanra, 2(02), 54–68.

Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media poster terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170–174.

Nugroho, P. S., Cahyadin, M., Perindustrian, D., Kebudayaan, D., & Pariwisata, D. K. (2010). Analisis Perkembangan Industri Kreatif Di Indonesia. Simposium Ekonomi Indonesia Pasca Krisis Ekonomi Global, Surabaya.

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi implementasi model ADDIE. Kencana.

Puspita, R. (2020). Pengembangan prototipe aplikasi community aggregator beskem dengan pendekatan ucd menggunakan balsamiq mockup dan FIGMA (studi kasus: PT Mozaik Bintang Persada). Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah ….

Rohman, M. Z., & Cahyadi, D. (2018). Pemanfaatan Komputer Grafis Menggunakan Software Corel Draw Dalam Pembelajaran Pembuatan Poster Dan Spanduk. Prosiding Semnas PPM 2018, 1(1), 1007–1012.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.

Subianto, I. B., Anto, P., & Akbar, T. (2018). Perancangan poster sebagai media edukasi peserta didik. Jurnal Desain, 5(03), 215–222.

Terrell, J. (2019). Comp 523 lab: using Figma 6.

Tinarbuko, I. T. S. (2015). Dekave: Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. CAPS.




DOI: https://doi.org/10.47213/bp.v4i2.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 aji prasetya wibawa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik BP


Belantika Pendidikan

Jendela Pendidikan Indonesia

Kayon Media

Lisensi Creative Commons

Belantika Pendidikan is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License