Pengembangan Nature School melalui Pelatihan Media Pembelajaran Digital di YAKASE Jombang
Abstract
Covid 19 pandemic is still not over in this time. It makes anxiety for the world of education, especially for school and society. It can be seen that the phenomenon of unready school and society condition to face the variety changes in learning habits. Yakase nature school is built for the unrest of the souls due to the shackles of the world system. Learning media has an important role to increase students’ interest in learning, especially in lower grades. It can be proved that lower grade students are not able to think abstractly, so the material taught by nature school assistants needs to be visualized in a more real/concrete form. Digital learning media training activities aim to increase and develop the ability of companions in using computers. By making interesting animations, the students are not bored and also have special skills in the field of technology. The results of this training activity are expected to help stimulate companion technology skills in creating digital learning media.
Masih belum jelas masa berakhir pandemic covid-19 menimbulkan kecemasan bagi dunia pendidikan, terutama jika melihat fenomena kondisi masyarakat dan sekolah yang belum siap menghadapi kejutan perubahan kebiasaan pembelajaran. Sekolah alam YAKASE didirikan karena keresahan jiwa-jiwa akibat belenggu sistem dunia. Media pembelajaran mempunyai peran penting untuk meningkatkan minat belajar siswa, khususnya di kelas rendah, karena siswa kelas rendah belum mampu berpikir abstrak, sehingga materi yang diajarkan oleh pendamping sekolah alam perlu divisualisasikan dalam bentuk yang lebih nyata/kongkrit. Kegiatan pelatihan media pembelajaran digital bertujuan untuk menambah dan mengasah kemampuan pendamping dalam menggunakan komputer, yaitu membuat animasi yang menarik, sehingga siswa-siswi tidak bosen dan juga memiliki keterampilan khusus di bidang teknologi. Hasil kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat membantu stimulasi
keterampilan teknologi pendamping dalam membuat media pembelajaran digital
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. (2018). Pelatihan Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi
Profesionalisme dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi
Masyarakat, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5426.
Amalia, M., Ulfa, S., & Soepriyanto, Y. (2020). Multimedia Tutorial Berbasis Android untuk
Memudahkan Siswa Memahami Materi Mengenal Notasi Balok Kelas X Seni Musik. JKTP:
Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 59–67. https://doi.org/10.17977/-
um038v3i12019p059.
Ardiansyah, A., & Asfiyak, K. (2020). Pelatihan Merancang dan Mengembangkan Multimedia
Pembelajaran untuk Guru di SD Negeri Bajangan Kabupaten Pasuruan. Amalee: Indonesian
Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 125–137. https://doi.org/10.37680/-
amalee.v1i2.368
Astutik, Anita Puji., Untari, Rahmania. Sri., Putri, Angelica Maylani. (2021). Penggunaan Media Animasi “Muroja’ah for Kids” untuk Meningkatkan Hafalan Anak. Community Empowerment, 682-687.
Bayu. (2014). Rizky. Pengembangan trainer instalasi penerangan sebagai media pembelajaran instalasi listrik program keterampilan elektronika di MAN Kendal. Edu Elektrika Journal , 3(2), 1-8.
Hartono, H., Lesmana, C., Permana, R., & Matsun, M. (2018). Pelatihan dan pendampingan
pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. TRANSFORMASI: Jurnal
Pengabdian Masyarakat, 14(2), 139–147. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.587.
Latuheru, J.D. (1993). Media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar kini. Ujung Pandang: Penerbit IKIP Ujung Pandang.
Masruri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al Quran Siswa Kelas VIII Pada SMPIT An Nawawi Al Batani Gunung Sindur Bogor. Andragogi, 445.
Riskiawan, H. Y., Setyohadi, D. P. S., & Arifianto, A. S. (2016). Pelatihan pengembangan media
pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas guru sma. JDinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 5.
Soepriyanto, Y., Wedi, A., & Slamet, T. I. (2017). Peningkatan Kemampuan Tenaga Pengajar
Teknik Informatika Dalam Mengembangkan Sumber Belajar Berbasis Riset Multimedia
Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi, 6.
Sutopo, A. H. (2002). Pembuatan Animasi Dengan Macromedia Flash. Jakarta: Salemba Infote.
Untari, Rahmania. Sri., Kamdi, W., Dardiri, A., Hadi, S., & Nurhadi, D. (2020). The Development and Application of Interactive multimedia in project-based learning to enhance students' achievement for 2D animation making. International Journal on Emerging Technologies (IJET), 17-25.
Untari, Rahmania. Sri., Liansari, V., & Su'udiah, F. (2020). Open Problem-Based Learning (OPBL) Scenario on 2D Text Animation Using Polya Approach. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 22-28.
Untari, Rahmania. Sri., Wiguna, Akbar., Andhiarini, Rugaya Meis., dan Pratama, Arnita Fentrin. (2021). Android-Based Educational Games for Online Learning at Kindergarten. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 81-85.
Zikra Syah, A., Rizaldi, R., Siagian, Y., Sitohang, N., & Muhazir, A. (2018). Pelatihan media
pembelajaran interaktif berbasis multimedia bagi guru-guru sman 02 tanjungbalai. Jurdimas
(Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.33330/-
jurdimas.v1i1.380.
DOI: https://doi.org/10.47213/bp.v5i1.123
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rahmania Sri Untari, Fitria Nur Hasanah, Mochamad Rizal Yulianto, Rakhmat Auliya Hidayat, Muhammad Irfan Jazuli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Belantika Pendidikan Jendela Pendidikan Indonesia Kayon Media Belantika Pendidikan is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |