Analysis of Video Animation Media Development Requirements from a Constructivism Perspective

Hirnanda Dimas Pradana

Abstract


This study aims to see the needs related to developing animated video media. This qualitative descriptive research was conducted using a survey method between May and July 2022. Questionnaires were used to collect data in this study. The research subjects were 90 undergraduate students of Educational Technology at Surabaya State University. The research concluded that animated video media based on the constructivism approach is needed in learning media courses. Students need learning media that can accommodate their learning needs and be used anywhere and anytime. Animated videos are necessary because students feel that these learning media can increase their motivation to learn. Students can form their knowledge using a constructivist approach using animated video learning media.


Keywords


Needs analysis, Animation Videos, Constructivism

Full Text:

PDF

References


Abbas, S. A. (2020). Hakekat Pendidikan menurut Pakar Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Studi Isam, 6(1).

Adriani, N., & Silitonga, F. S. (2017). PENGEMBANGAN MODUL AJAR KIMIA UNSUR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING FASE DEVELOPMENT UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA. Jurnal Zarah, 5(2). https://doi.org/10.31629/zarah.v5i2.219

Afifah, U. N. (2021). Media Pembelajaran Maharah Istima’ Berbasis Video Animasi untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Bahasa Arab, 5(2).

Ahnaf, F. H., Rochmawati, F., Utami, S. M., & Syahputri, D. D. (2021). Efektivitas Media Animasi Audio Visual dalam Kuliah Daring Keterampilan Membaca. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2). https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.27

Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. SAINTEKS 2019.

Ardiyan, A., Mahardika, S., Mansuan, M. S., & Wijayanti, V. (2020). TRACKING DAN CHROMAKEY SEBAGAI ELEMEN TEKNIK DESAIN EFEK VISUAL Studi Kasus: Efek Visual Video Klip. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 5(1). https://doi.org/10.25105/jdd.v5i1.6864

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Bhakti, Y. B. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire sebagai Media Pembelajaran Guru. Abdimas Dewantara, 2(2). https://doi.org/10.30738/ad.v2i2.2872

Astutik, A. P., Untari, R. S., & Putri, A. M. (2021). Penggunaan Media Animasi “Muroja’ah for Kids” untuk Meningkatkan Hafalan Anak. Community Empowerment, 6(4). https://doi.org/10.31603/ce.4579

Budiyanto, Muh. A., & Wahab, A. (2019). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Sekolah Dasar Kelas 3 Berbasis Multimedia. Jurnal Ilmiah FIFO, 11(1). https://doi.org/10.22441/fifo.2019.v10i1.008

Cindrakasih, R. R. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata kuliah Pik dalam pandangan mahasiswa. Jurnal Public Relations-Jpr, 1(April).

Disman, D., Kurniawati, S., & Sukamto, R. A. (2020). PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN ANIMASI ANALISIS GRAFIS. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2).

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2). https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

Febriani, P. A. (2021). Proses Pembelajaran Kelas Xi. JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan), 11(1).

Furoidah, M. F. (2020). Pengaruh penggunaan media animasi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas VII MTS Sutya Buana Malang. Journal Mahasiswa UM.

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2).

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4).

Hidayatun, N., Rosmiati, M., & Purnama, M. R. (2018). Animasi Interaktif Berbasis Android Untuk Mengenal Huruf Hiragana Katakana. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 10(1).

Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). PENERAPAN MEDIA VIDEO DAN ANIMASI PADA MATERI MEMVAKUM DAN MENGISI REFRIGERAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1). https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3731

Karyani, T., Djuwendah, E., & Sukayat, Y. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI MELALUI PERTANIAN ORGANIK DI LAHAN PEKARANGAN KAWASAN PERKOTAAN JAWA BARAT. Dharmakarya, 10(2). https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v10i2.32492

Martiarini, E., & Lestari, A. R. E. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pengabdian Kepada Masyarakat di Kota Bekasi. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 2(2). https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i2.218

Md Aditya Dharma, I., & Padmarani Sudewiputri, M. (2021). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 295–301. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index

Mohamad N, I., Budiman, D., & Suhendi, H. (2016). PENERAPAN MODIFIKASI ALAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS (Penelitian Tindakan Kelas di SD Percobaan Negeri Setiabudi Bandung). Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2). https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5665

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Mulyaniapi, T. (2021). Efektifitas media pembelajaran berbasis literasi digital pada mata kuliah desain setting kelas. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2).

Munasti, K., & Suyadi, S. (2021). Respon Penggunaan Media Power Point Berbasis Interaktif untuk Anak Usia Dini di Era Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1567

Nafiah, D. (2017). PERAN TYPER SHARK DELUXE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGETIK CEPAT BAGI CALON SEKRETARIS. EFISIENSI - KAJIAN ILMU ADMINISTRASI, 13(2). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v13i2.11683

Natsir, M. S., Syam, A., & Kunda, A. (2021). Media Pembelajaran Kosa Kata bahasa Arab Menggunakan Model Animasi Berbasis Android. Prosiding Seminar Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknologi Informas, 10(1).

Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2). https://doi.org/10.31258/jope.2.2.61-69

Nurmaningsih. (2013). Pengembangan Media Animasi Biologi dan Efektivitasnya Terhadap Peningkatan Minat serta Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 7 Mataram. Pengembangan Media Animasi Biologi Dan Efektivitasnya Terhadap Peningkatan Minat Serta Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 7 Mataram, 1(1).

Patriani, R. P., & Kusumaningrum, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dan 3 Dimensi Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2). https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3651

Priyambudi, S., Setyowati, Y., & Murdani, M. H. (2021). Virtual Class Solusi Pembelajaran Daring Terpadu di Masa Pandemi Pada SMA Wijaya Putra Surabaya. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1290

Rusliadi. (2020). Teknologi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Diklat Keagamaan Padang, 5(1).

Safarati, R. N. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi. Genta Mulia, XII(1).

Safaruddin, S. (2012). Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik dalam Konseling. In Jurnal Paradigma (Vol. 8, Issue 2).

Safaruddin, S. (2020). TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i2.239

Seituni, S., & Akbari, R. (2021). ANALISIS EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS WEBSITE STUDI KASUS SISWA KELAS X AKUNTANSI LEMBAGA DI SMKN 2 SITUBONDO MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL. EDUSAINTEK : JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI, 8(1). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i1.118

Siahaan, K. W. A., Simangunsong, A. D., Nainggolan, L. L., & Simanjuntak, M. A. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA MATERI KOLOID UNTUK SMA DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA ANIMASI. JURNAL NALAR PENDIDIKAN, 8(2). https://doi.org/10.26858/jnp.v8i2.15376

Sriwinar, S. (2021). Desain Animasi Pembelajaran Muaiythai Berbasis 3 Dimensi. JURNAL TIKA, 6(02). https://doi.org/10.51179/tika.v6i02.472

Suharyanto, E. H. P. (2019). Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter (Telaah Pengembangan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.38073/jpi.v8i1.103

Sundari, K., & Riyadi, K. F. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Dalam Mata Pelajaran Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn Mangun Jaya 01 Tambun Selatan. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(1).

Supriatna, I., & Lusa, H. (2020). DESAIN DIDAKTIS SEBAGAI PENGENALAN KONSEP PEMBAGIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(2). https://doi.org/10.32507/attadib.v4i2.814

Suryaningsih, E. (2017). PENGARUH MEDIA ANIMASI DAN SIMULASI SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 25 KABUPATEN TANGERANG. Jurnal Pendidikan, 18(1). https://doi.org/10.33830/jp.v18i1.277.2017

TASIA, F. E., & NURHASANAH, E. (2019). PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PENDIDIKAN TINGGI DAN PENGARUH PENDIDIKAN TINGGI PADA PEREMPUAN: SEBUAH STUDI LITERATUR. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(1). https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i1.p1-12.2764

Wahyudi, R., & Syah, N. (2018). Hubungan Minat Menjadi Guru Dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan. Jurnal Universitas Negeri Padang, 6(1).

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489




DOI: https://doi.org/10.47213/bp.v5i2.137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hirnanda Dimas Pradana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik BP


Belantika Pendidikan

Jendela Pendidikan Indonesia

Kayon Media

Lisensi Creative Commons

Belantika Pendidikan is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License