Pengembangan Modul Sosioteknologi Informatika Berbasis CDIO

Akhimullah Akmal Fattah, Aji Prasetya Wibawa, Muhammad Iqbal Akbar, Roni Herdianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengembangkan, dan menguji tingkat kevalidan modul Sosioteknologi. Metode pengembangan yang dipilih untuk mengembangkan adalah metode pengembangan 4D (Four-D) dengan 4 tahapan langkah yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penye­baran). Data yang diperoleh dari uji kelayakan berupa data kuantitatif yang diambil melalui media angket dengan skala liker 1-4 dan diperoleh hasil 2,99 yang jika dikonversikan ke dalam persentase bernilai 74,75% yang berarti hasil mencapai nilai kelayakan yang cukup. Pengumpulan da­ta dilakukan dengan cara memberikan angket tanggapan yang akan diisi oleh para ahli dari Jurusan elektro Universitas Negeri Malang yang ahli dalam bidang mata kuliah Sosioteknologi Informatika yang digunakan untuk melihat hasil kelayakan dari pengembangan modul.

Keywords


Pengembangan Modul, Sosioteknologi Informatika, CDIO.

Full Text:

PDF

References


kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130.

Anwar, I. (2010). Pengembangan bahan ajar. In Bahan Kuliah Online. Direktori UPI.

Bachtiar, Y. (2018). Penerapan konsep CDIO pada praktikum pemrograman komputer sebagai media pembelajaran kreatif dan aplikatif. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Cahyono, D. S. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran. Yogyakarta: Fokusindo Mandiri.

Daryanto, D. (2013). Menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Dwiyanto, F. A. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis CDIO untuk struktur data dengan bahasa Python di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. In SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro-Fakultas Teknik UM.

Harmawati, D., Indriwati, S. E., & Gofur, A. (2017). Pengembangan modul berbasis inkuiri disertai multimedia interaktif pada siswa kelas VIII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1536–1539.

Lubis, M. S., Syahrul, R., & Juita, N. (2014). Pengembangan modul pembelajaran bahasa indonesia berbantuan peta pikiran pada materi menulis makalah siswa kelas XI SMA/MA. Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran, 2(1), 16–28.

Nasrullah, R. (2018). Riset khalayak digital: Perspektif khalayak media dan realitas virtual di media sosial. Jurnal Sosioteknologi, 17(2), 271–287.

Pham, P. A., Nguyen, M. D., Nguyen, L. Q., Nguyen, T. M., & Le, B. N. (2014). Learning computer programming in CDIO’s team settings. Proc. 10th Annual Inter. CDIO Conf.

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. DIVA press.

Setyosari, P. (2010). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Kencana.

Solikin, I., & Amalia, R. (2019). Materi digital berbasis web mobile menggunakan Model 4D. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 8(3), 321–328.

Sugiyono, S. (2016). Metodologi penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif. Alfabeta.

Sutrisno, B., & Akbar, I. (2018). E-partisipasi dalam pembangunan lokal (Studi implementasi smart city di Kota Bandung). Jurnal Sosioteknologi, 17(2), 191–207.

Utami, M. A., Lestari, M. T., & Putri, B. P. S. (2016). Analisis strategi komunikasi pemasaran SMB Telkom University Tahun 2015/2016 melalui media sosial Instagram. EProceedings of Management, 3(1), 1–12.

Zhulin, L. I. (2017). A method for Data Structure Course Design Based on CDIO teaching idea 2. The Course Design Based on CDIO Model, 418–421.




DOI: https://doi.org/10.47213/bp.v3i2.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik BP


Belantika Pendidikan

Jendela Pendidikan Indonesia

Kayon Media

Lisensi Creative Commons

Belantika Pendidikan is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License